Tips Penting Dalam Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Spread the love

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu konsumen menjadi hal yang paling utama. Tanpa konsumen tentunya tidak akan memberikan pemasukan pada usaha yang sedang dijalankan. Perlu strategi yang tepat untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Baik itu bisnis yang dijalankan individu maupun suatu perusahaan perlu strategi dan tips dalam menjalankan bisnis agar lebih banyak menjangkau konsumen.

6 Tips Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Berikut merupakan beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

  • Bergabung Marketplace

Tips pertama yang perlu Anda coba ialah dengan bergabung dengan marketplace untuk memasarkan produk. Banyak sekali marketplace yang bisa Anda pilih bahkan bisa lebih dari satu. Seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain sebagainya.

Daftarkan usaha Anda pada marketplace tersebut. Foto produk dengan lebih estetik sehingga banyak yang akan tertarik. Berikan juga promo-promo yang menarik untuk calon customer. Manfaatkan fitur yang ada pada marketplace tersebut.

Fitur yang bisa memaksimalkan penjualan antara lain fitur chat dan live streaming. Fitur chat dapat memaksimalkan penjualan dengan cara melakukan broadcasting. Kirimkan promo produk menarik yang ada pada etalase toko dan berikan customer voucher baik itu potongan harga maupun paket bundling.

Fitur live streaming dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan konsumen. Tidak hanya pengguna yang mengikuti toko Anda saja yang dapat melihat live streaming. Semua bisa melihat sehingga ini akan menjangkau lebih banyak pengguna.

Review produk yang Anda jual di etalase sehingga akan menarik lebih banyak pengguna untuk checkout. Dengan mendaftarkan pada marketplace jangkauan konsumen akan semakin luas bahkan ke seluruh Indonesia.

  • Promosi Melalui Sosial Media

Promosi melalui media sosial dapat menjadi salah satu cara untuk memperluas jangkauan konsumen. Media sosial saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia bahkan dari semua generasi dan kalangan.

Promosi dapat dilakukan melalui Instagram, Facebook, Whatsapp atau TikTok yang saat ini sedang banyak digunakan. Promosi melalui TikTok juga memiliki peluang yang sangat besar untuk menarik konsumen.

Anda hanya perlu membuat konten yang menarik dan konsisten sehingga akan memiliki banyak pengikut dan besar kemungkinan untuk video Anda dapat masuk ke FYP. Gunakan sound yang sedang viral untuk menarik banyak penonton.

Review barang melalui video juga bisa menarik penonton yang sedang mencari referensi untuk sebuah barang. Konsistensi merupakan kunci kesuksesan yang harus Anda pegang.

  • Ikut Bazar atau Pameran

Mengikuti bazar ataupun pameran yang diselenggarakan juga akan menarik lebih banyak konsumen. Terutama pada suatu bazar pasti akan banyak pengunjung yang akan datang untuk melihat-lihat.

Saat mengikuti bazar ini Anda juga dapat menempelkan informasi seperti media sosial pada sebuah kertas. Sehingga apabila mereka tertarik dapat langsung melihat pada media sosial yang Anda miliki.

  • Membuat Website

Membuat sebuah website untuk mempromosikan barang dan sebagai tempat pembelian juga bisa memperluas jangkauan konsumen. Website menjangkau banyak konsumen karena banyak sekali pengguna Google.

Saat memerlukan sebuah informasi yang pertama didatangi ialah Google. Sehingga melalui sebuah website Anda akan mendapatkan lebih banyak konsumen. Anda perlu membuat design website yang menarik dan membuat konten yang berkaitan dengan jenis usaha yang Anda miliki.

Tambahkan review dari pembeli untuk lebih meyakinkan banyak orang dengan produk yang Anda jual tersebut. Tuliskan dan foto produk sedetail mungkin sehingga semua informasi produk bisa diketahui oleh customer.

Daftarkan pada SEM atau Search Engine Marketing untuk menjangkau lebih banyak lagi calon pembeli.

  • Membuka Sebuah Toko

Tips selanjutnya untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi ialah dengan membuka sebuah toko. Ini dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki banyak modal tentunya. Karena membuka sebuah toko tidaklah murah.

Perlu biaya sewa gedung atau pembelian gedung, biaya perawatan, biaya listrik, dan biaya keperluan yang menunjang untuk membuka toko. Apabila Anda memiliki karyawan maka lebih besar lagi pengeluaran untuk membayar karyawan.

Memang dengan membuka sebuah toko akan lebih banyak orang yang mengetahui bahwa Anda memiliki sebuah usaha. Dengan begitu jangkauan karyawan juga menjadi lebih luas.

Membuka toko ini memang menjadi salah satu yang sangat penting apabila Anda memiliki modal yang cukup besar.

  • Promosi dari Mulut ke Mulut

Tips terakhir yang bisa coba Anda lakukan ialah dengan promosi mulut ke mulut. Promosi ini dapat juga dikatakan sebagai salah satu promosi tradisional. Pasalnya promosi jenis ini tidak menggunakan teknologi.

Promosi ini juga akan menarik banyak pembeli karena orang cenderung lebih senang untuk menyampaikan sesuatu. Apabila sudah mengetahui Anda memiliki usaha maka berita tersebut akan cepat menyebar.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat ingin menjangkau konsumen lebih banyak dari sebelumnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.