Strategi Digital Marketing Yang Tepat Bagi UKM

Spread the love

Digital marketing menjadi salah satu bidang yang memiliki hubungan erat dengan dunia bisnis. Pemasaran produk dengan memanfaatkan digital marketing saat ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku usaha. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari pemasaran produk melalui digital perlu adanya strategi.

Strategi marketing yang sudah dipersiapkan dengan baik bisa membuat hasil yang lebih maksimal. Dengan adanya digital marketing ini membuat banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah menjadi lebih terbantu. Pelaku UKM juga banyak yang memanfaatkan digital marketing.

Fungsi Strategi Marketing Bagi UKM

Sebelum memilih strategi digital marketing yang akan digunakan sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi dari strategi digital marketing ini bagi UMKM di antaranya :

  • Fungsi pertama dari strategi marketing ialah untuk menganalisis trend terbaru di masyarakat
  • Kedua setelah berhasil menganalisis barulah menciptakan suatu produk atau jasa dari hasil analisis tersebut sehingga dapat sesuai dengan masyarakat
  • Sebagai bahan acuan yang digunakan untuk mencapai sebuah target dalam pemasaran produk
  • Sebagai tolak ukur bagi perencanaan marketing UKM dalam jangka waktu yang panjang

6 Strategi Andalan Digital Marketing Bagi UKM

Keberadaan digital marketing ini dapat membantu UKM dalam meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan dari produk mereka. Oleh karena itu, perlu yang namanya strategi dalam menggunakan teknologi digital untuk pemasaran produk. Berikut merupakan beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan.

  1. Menggunakan Jasa Influencer

Strategi pertama yang bisa Anda pilih yaitu dengan menggunakan jasa influencer. Saat ini banyak sekali bermunculan influencer yang dapat Anda gunakan jasanya untuk mempromosikan produk.

Hal ini juga bisa disebut dengan endorse. Influencer memiliki banyak sekali pengaruh di masyarakat. Sebagai contoh influencer dalam bidang fashion. Semua yang mereka kenakan pasti akan di cari di pasaran.

Oleh karena itu, menggunakan jasa influencer menjadi salah satu strategi yang bisa Anda pilih terutama bagi yang memiliki jumlah modal cukup banyak. Banyaknya jumlah followers yang dimiliki oleh seorang influencer ini akan membuat lebih banyak orang yang mengetahui mengenai produk Anda.

Biasanya influencer akan memberikan list harga dan feedback yang akan didapatkan. Anda dapat memilih yang sesuai dengan modal yang dimiliki dan juga bisa melakukan negosiasi.

  1. Membuat Semua Akun Media Sosial

Akun social media merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pemasaran produk. Membuat akun sosial media seperti Instagram Facebook TikTok dan sosial media lainnya akan membantu meningkatkan branding. Tak jarang selain melalui marketplace juga banyak orang yang mencari produk melalui social media.

Melalui sosial media ini Anda dapat mempromosikan produk dengan lebih mudah. Buatlah konten menarik terkait produk yang Anda jual. Untuk TikTok gunakan sound yang sedang viral dan hastag viral untuk membantu konten yang Anda buat bisa masuk ke FYP.

Buatlah jadwal upload konten yang teratur, pekerjaan orang yang memang memiliki fashion dalam membuat konten video.

  1. Sosial Media Ads

Strategi selanjutnya yang dapat di lakukan ialah dengan memanfaatkan sosial media ads seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Dengan menggunakan cara ini maka akun bisnis Anda yang ada pada sosial media tersebut bisa muncul ke beranda.

Kemungkinan untuk dilihat juga menjadi lebih besar, jangkauan luas dan kemungkinan tercapainya target juga lebih besar. Sudah banyak juga UKM yang memanfaatkan sosial media ads ini untuk promosi produk atau jasa.

  1. Search Engine Marketing

Buatlah website untuk membuat produkmu muncul di pencarian pada saat calon customer mencari kata kunci terkait melalui mesin pencarian Google. Sudah banyak juga brand besar yang menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk mereka.

Biasanya website yang menggunakan SEM ini akan memiliki logo dengan tulisan iklan atau Ads di bagian kiri di atas nama website pada saat muncul di mesin pencarian. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu pada Google Ads sebelum mendaftar SEM.

Yang perlu diketahui sebelum menggunakan SEM ialah Anda akan membayar apabila ada yang membuka website Anda melalui SEM tersebut.

  1. Email Marketing

Email juga menjadi salah satu yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Anda bisa mengirimkan email kepada customer mengenai produk baru atau promo yang sedang berlangsung.

Email marketing ini bisa masuk ke promosi atau kotak masuk. Email menjadi lebih personal dan menjangkau customer lebih mudah meskipun sering kali dianggap spam.

  1. Whatsapp Business

Terakhir yang bisa Anda coba ialah dengan Whatsapp. Hampir sama seperti email, Anda dapat membuat broadcast mengenai produk baru, promo atau informasi lain yang dapat menarik pelanggan. Dengan menggunakan Whatsapp ini dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan bersifat lebih privasi.

Itulah beberapa strategi marketing yang bisa Anda coba terapkan untuk usaha Anda.