Mengenal Design Thinking, Tahapan dan Contoh Penerapannya

Spread the love

Design thinking? Memang terasa sedikit asing untuk di dengar. Belum banyak orang yang paham dan mengetahui mengenai design thinking ini.

Apa Itu design Thinking?

Design thinking merupakan suatu hal yang sangat penting terutama dalam menjalankan sebuah bisnis. Pemecahan masalah dan proses perumusan masalah yang terfokus pada manusia dimana manusia di sini bertindak sebagai pengguna di sebut design thinking.

Pola pikir dari design thinking ini mengacu pada proses berpikir dari seorang yang berprofesi sebagai desainer. Seorang desainer tak hanya membuat sebuah design produk untuk membuat konsumen senang tetapi membuat design dengan segala cara untuk dapat memenuhi segala kebutuhan konsumen.

Pola pikir desainer tersebut juga bisa diterapkan untuk seorang pengusaha. Kebutuhan konsumen menjadi suatu prioritas bagi perusahaan. Sehingga Anda perlu menciptakan solusi yang tepat untuk kebutuhan konsumen.

Perusahaan, pemimpin tim ataupun pekerja kreatif, freelancer, mereka membutuhkan design thinking dalam menjalankan pekerjaan. Banyak hal dari design thinking dapat membantu Anda di antaranya sebagai berikut.

  • Dapat memahami kebutuhan dari pengguna dengan lebih baik lagi
  • Resiko terjadinya kegagalan pada produk yang akan dibuat juga sedikit
  • Design thinking ini juga dapat menyempurnakan produk dan sebagai solusi dari waktu ke waktu
  • Dapat mempercepat pengembangan produk yang sedang diusahakan

Elemen Penting Pada design Thinking

Ada beberapa elemen penting dalam design thinking yang harus Anda ketahui. Simak penjelasan berikut ini.

  1. Fokus Untuk Pengguna

Design thinking ini ada untuk pengguna sehingga solusi yang Anda miliki haruslah berpusat untuk kepentingan pengguna. Khususnya solusi dalam pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh pengguna.

  1. Proses Berulang

Design thinking ini akan membuat Anda berpikir terus berulang. Sehingga Anda akan mendapatkan solusi terbaik.

  1. Tinggi Kreativitas

Di sini Anda bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki untuk mendapat solusi terbaik tetapi perlu diingat bahwa untuk mendapatkan solusi dengan kreativitas Anda perlu memperhatikan elemen yang ada pada design thinking.

  1. Langsung

Tidak hanya merancang atau membuat sketsa saja tetapi produk harus langsung diluncurkan tak hingga Anda akan tahu reaksi dari pengguna.

Manfaat design Thinking

Ada beberapa manfaat dari design thinking yang bisa mempermudah segala hal, di antaranya sebagai berikut.

Perusahaan akan lebih mudah untuk memahami kebutuhan dari calon konsumen.

  • Proses design akan menjadi lebih cepat
  • Resiko kegagalan produk akan lebih kecil
  • Pendapatan akan jauh lebih meningkat
  • Anggaran yang dikeluarkan oleh perusahaan akan jauh lebih berkurang

Dari poin-poin di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat dari design thinking yaitu memberikan banyak kemudahan pada perusahaan.

Tahapan Proses design Thinking

Tahapan design thinking yang harus Anda ketahui ialah sebagai berikut.

  • Emphatize

Emphatize berarti memahami kebutuhan dari konsumen. Melakukan pendekatan pada calon konsumen untuk bisa mengetahui apa yang di butuhkan oleh mereka. Cara yang tepat untuk melakukannya ialah dengan melakukan riset pasar, riset keyword maupun riset produk.

  • Define

Define ini berarti mengidentifikasi masalah serta kebutuhan dari konsumen. Setelah mendapatkan data dari riset yang dilakukan selanjutnya adalah menganalisis dan mengidentifikasi data tersebut.

  • Ideate

Pada tahapan ini Anda diminta untuk mengumpulkan ide. Tahap ini membutuhkan kreativitas tinggi. Buatlah sketsa atau rancangan dari produk yang akan di buat.

  • Prototype

Pada tahapan ini Anda diminta membuat model dari sketsa yang sudah di buat sebelumnya. Prototype ini digunakan untuk memperjelas ide produk yang akan digunakan sehingga meyakinkan pihak yang akan berkolaborasi dengan perusahaan Anda. Prototype ini juga dikenal dengan sampel awal dari suatu produk.

  • Test

Test ini berarti melakukan pengujian pada solusi atau ide atau prototipe yang sebelumnya sudah dibuat. Pengujian produk ini bertujuan untuk melihat respons dari user atau pengguna mengenai produk yang dibuat.

Pengujian ini juga dilakukan untuk melihat apakah muncul masalah pada produk yang dihasilkan. Anda perlu melakukan tahapan di atas secara berulang untuk melahirkan produk yang lebih sempurna.

Penerapan Dari design Thinking

Setelah mengetahui manfaat tahapan maupun elemen penting dalam design thinking pasti Anda juga penasaran tentang bagaimana penerapannya dalam sebuah perusahaan. Berikut ini merupakan contoh penerapan dari design thinking di perusahaan.

  • Netflix

Dengan konsep design thinking yang digunakan Netflix memberikan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dari konsumen. Keberadaan aplikasi membuat pengguna menjadi tidak perlu lagi membeli DVD atau pun menyaksikan melalui televisi. Selain itu Netflix juga menyajikan serial yang dibuat oleh Netflix sendiri dan tidak ditayangkan melalui TV.

  • UberEats

Layanan ini memudahkan pengguna untuk melakukan pemesanan makanan. Konsumen tidak perlu lagi repot untuk datang jauh-jauh restoran hanya perlu menunggu di rumah dan makanan akan diantar oleh pihak dari UberEats.

Itulah beberapa informasi mengenai design thinking yang harus Anda pahami.