Definisi, Manfaat dan Tips Membuat Newsletter

Spread the love

Apabila Anda termasuk seorang yang sering mengecek email pasti Anda sering melihat newsletter. Apa itu newsletter, manfaat dan tips membuatnya akan dibahas dengan lengkap pada artikel ini.

Apa Itu Newsletter?

Newsletter merupakan sebuah email yang berisikan pemberitahuan dari sebuah perusahaan untuk setiap pelanggan yang sudah mendaftarkan emailnya. Tentu saja Anda pasti pernah mendapatkan newsletter dari perusahaan sewaktu Anda mendaftarkan email.

Newsletter ini umumnya berisikan berbagai promo menarik yang diberikan perusahaan, rekomendasi artikel yang ada di website perusahaan dan produk baru yang diluncurkan perusahaan. Newsletter ini menjadi salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh perusahaan besar.

Berbeda dengan email promosi yang dikirimkan kepada banyak pengguna, newsletter ini hanya dikirimkan kepada pengguna yang sudah mendaftarkan diri pada perusahaan. Bukan hanya untuk memikat pembeli, tetapi newsletter juga bisa dibuat untuk melihat berapa banyak yang sudah bergabung mengikuti perusahaan.

Manfaat dari Newsletter

Setelah Anda mengetahui apa itu newsletter tentu saja Anda juga perlu mengetahui manfaat dari newsletter dalam bidang marketing. Newsletter memiliki berbagai manfaat dalam bidang marketing khususnya. Apa saja manfaat dari newsletter? Simak penjelasan berikut!

  • Membangun Hubungan Yang Baik dengan Pelanggan

Newsletter memberikan manfaat bagi perusahaan untuk menjalin hubungan baik kepada pelanggan. Secara tidak langsung pesan yang diberikan kepada pelanggan Melalui email ini dapat memberikan kesan bagi pelanggan.

Hubungan baik antara pelanggan dengan perusahaan ini tentu menjadi satu hal yang sangatlah penting. Perusahaan yang sering mengirimkan newsletter berarti perusahaan tersebut bisa dianggap responsif kebanyakan pelanggan menyukai perusahaan yang responsif.

  • Promosi Konten Kepada Pelanggan

Ternyata dengan kekuatan Anda juga dapat mempromosikan konten yang dibuat oleh perusahaan.  Konten-konten seperti artikel yang terdekat pada website perusahaan bisa dipromosikan melalui newsletter.

Dengan begitu akan banyak pelanggan yang mengunjungi website tersebut dan secara tidak langsung tertarik dengan perusahaan. Baik itu tertarik dengan produk maupun sekedar konten yang menjadi pelengkap.

  • Meningkatkan Target Penjualan

Newsletter ini juga ternyata secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan target penjualan. Dengan mengirimkan newsletter kepada pelanggan maka pelanggan akan mengetahui update terbaru dari perusahaan tersebut baik itu mengenai produk promo ataupun hal lainnya.

Semakin banyak pelanggan yang mengetahui produk dan promo terbaru dari perusahaan maka semakin besar juga target pencapaian penjualan dari perusahaan.

Tips Membuat Newsletter

Dalam membuat newsletter perlu memperhatikan banyak hal termasuk konten, desain dan banyak hal. Berikut ini merupakan tips dalam membuat newsletter yang perlu Anda perhatikan.

  • Tampilan Newsletter Yang Responsif

Dalam membuat newsletter tampilannya responsif ini sangat diperlukan. Sehingga dapat menunjang apabila dibuka dalam perangkat yang berbeda. Pelanggan yang akan dikirim newsletter memiliki perangkat dan juga resolusi layar yang berbeda sehingga sebaik mungkin Anda perlu memperhatikan hal ini dan membuat tampilan newsletter responsif.

  • Visual Estetik

Selain membuat tampilan yang responsif Anda juga perlu membuat visual yang estetik sehingga menarik pelanggan untuk membaca newsletter yang Anda kirimkan. Buat kombinasi warna yang menarik yang sesuai dengan image perusahaan.

Anda juga bisa memberikan icon yang menari yang menjadi ciri khas dari perusahaan Anda. Hal tersebut bisa lebih menarik pelanggan.

Visual yang hanya berisikan kata-kata tentu akan sangat membosankan bagi pembaca. Buatlah visual yang menarik sehingga pelanggan juga betah dengan konten yang Anda buat.

  • Kata – Kata Yang Simpel dan Menarik

Apabila sudah memiliki konsep desain visual yang unik maka perlu kata-kata yang simpel dan juga menarik. Kata-kata yang terlalu bertele-tele pada saat membuatnya sweet tertentu tidak akan efektif untuk menarik pelanggan sebaliknya kata-kata yang simpel akan membuat pelanggan lebih tertarik.

Anda juga dapat menambahkan kalimat persuasif. Kata-kata yang simpel tidak akan membuat pembaca bosan. Sebaliknya mereka akan tertarik dan mengunjungi website yang Anda rekomendasikan pada newsletter.

  • Konten Yang Variatif

Konten yang itu-itu saja tentu akan membuat pelanggan bosan. Buatlah konten yang variatif. Tak hanya mempromosikan produk yang Anda jual saja tetapi sebaiknya berikan tips ataupun trik yang masih terkait dengan produk yang akan Anda jual.

Sebagai contoh apabila Anda menjual sebuah produk fashion maka bisa membuat konten tips dan cara merawat barang tersebut. Pelanggan yang membutuhkan informasi tersebut tentu akan tertarik dan melanjutkan membaca konten tersebut melalui website.

Membuat konten-konten promosi juga merupakan salah satu strategi marketing. Bisa juga membagikan sebuah cerita sukses dari owner ataupun dari pihak lain yang terkait dengan produk yang Anda pasarkan.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai newsletter begitu manfaat pengertian dan juga tips dalam membuat newsletter yang baik dan tidak membosankan. Anda dapat menggunakan newsletter ini sebagai strategi marketing.